Perpustakaan adalah sebuah tempat dimana ilmu pengetahuan  tersimpan dengan rapi, aman dan terjaga. Ilmu pengetahuan itu siap sedia apabila kita membutuhkan untuk mengaksesnya. Biasanya perpustakaan berisi berbagai buku dari bermacam ilmu pengetahuan, baik yang bersifat ilmiah, populer maupun jurnal. Saking banyaknya judul buku dan eksemplar nya , kadang membuat pengunjung bingung mau memilih yang mana, kalau di urut satu-satu maka akan banyak membuang waktu, sementara kalau di cari dikatalog secara manual kita harus rebutan dengan pengunjung lain yang ingin mencari buku yang mereka inginkan juga.
Menilik dari hal tersebut diatas, bisa kita bayangkan apabila perpustakaan itu adalah perpustakaan di sebuah Universitas, dimana dalam sebuah Universitas itu minimal ada 10 program studi, dengan jumlah Mahasiswanya ribuan, maka bisa-bisa terjadi chaos atau akhirnya malah menimbulkan rasa malas bagi Mahasiswa untuk mendatangi perpustakaan, tentu saja ini bukan suatu hal yang bagus, karena Mahasiswa harusnya identik dengan buku, dan mereka tidak boleh malas dan tidak boleh menjauhi perpustakaan. Kemudahan akses dan ketersediaan buku-buku yang terbaru dan kekinian merupakan keharusan bagi perpustakaan sebuah Perguruan Tinggi.
Menyadari betapa pentingnya sebuah perpustakaan bagi Mahasiswa, Universitas Nasional PASIM (UNAS PASIM) telah menyediakan sebuah Perpustakaan yang berbasis IT  (Informasi Teknologi) buat para Mahasiswanya, terletak di lantai dasar sayap kanan kampus UNAS PASIM.  Pihak kampus berharap dengan kemudahan mengakses buku-buku dalam perpustakaan maka mereka juga akan lebih mudah mengakses ilmu pengetahuan didalam buku tersebut. Rasa malas, bosan dan jenuh yang biasanya tergambar dalam sebuah perpustakaan yang konvensional menjadi hilang. Perpustakaan UNAS PASIM dengan katalog elektroniknya dan bisa diakses dari beberapa komputer yang disiapkan perpustakaan, menjadikan berburu buku pengalaman yang menyenangkan. Selain dari pada itu, perpustakaan UNAS PASIM dalam waktu dekat ini akan segera merealisir e-book, dimana buku-buku teks  (text book) yang ada di luar negeri bisa diakses dan di unduh, serta akan disiapkan juga printer khusus bagi para Mahasiswa yang ingin mendapatkan hard copy  nya, tentu saja semua legal dan bukan bajakan karena sudah mendapatkan lisensi dari penerbitnya.
Selain rak buku yang tertata rapi, meja baca yang nyaman, perangkat IT yang mendukung serta pencahayaan yang sangat memadai, perpustakaan UNAS PASIM juga menyediakan ruangan  untuk diskusi Mahasiswa. Ruangan ini silakan di manfaatkan oleh Mahasiswa untuk mendiskusikan hal-hal penting yang mereka baca dan mereka bahas di perpustakaan, kata Pembina YPKKP Bapak Rinalwan, ini salah satu bukti tanggung jawab kami sebagai Yayasan kepada stakeholder, harapan kami dengan semua sarana prasarana yang kami siapkan, kemampuan serta kualitas lulusan akan bisa membanggakan Kampus ini khususnya, tentu saja target yang lebih jauh adalah kebanggaan Indonesia di kancah Internasional.
Salah seorang Pustakawan UNAS PASIM,Bapak Ganjar mengatakan, menjadi pustakawan disini sangat menyenangkan, karena semua sudah terkomputerisasi, kita tidak terlalu direpotkan dengan berbagai permintaan Mahasiswa ketika mereka mencari buku-buku yang mereka butuhkan, dengan sekali “klik” kebutuhan mereka akan ilmu pengetahuan bisa terpenuhi, satu lagi yang paling penting, dengan adanya perpustakaan seperti ini animo Mahasiswa jadi tinggi mengunjungi perpustakaan, jadi banyak teman untuk berdiskusi dan menambah pengetahuan tentang hal-hal baru, kata Pustakawan kita menutup pembicaraan. (Dry 27 03 2017)