Universitas Nasional PASIM mengadakan buka bersama pada hari Senin 19 Juni 2017 dengan dihadiri oleh seluruh civitas akademik, Dosen, serta mahasiswa/i program beasiswa Pemberdayaan Umat Berkelanjutan (PUB).  Dibuka dengan pembacaan ayat suci al-Quran serta Tilawah, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Eko Travada selaku Rektor UNAS PASIM, beliau menyampaikan beberapa motivasi yang berkenaan dengan keutamaan bulan puasa serta beberapa kali menyinggung tentang malam Lailatur Qodar yang jatuh pada 10 hari terakhir dibulan Ramadhan, penyampaian beliau yang lain yang membuat bahagia dari civitas akademika UNAS PASIM adalah informasi beliau bahwa di akhir acara akan ada pembagian THR (Tunjangan Hari Raya ) serta bingkisan (parcel).
Setelah sambutan Bapak Rektor , selanjutnya acara bergulir dengan tausiah yang disampaikan oleh Ustadz Rahmat, beliau menyampaikan materi ceramah dengan gaya yang asyik dan tidak membuat jemu audiens, hal tersebut membuat suasana menjadi lebih hangat (walaupun angin bertiup cukup dingin pada sore itu) dengan adanya interaksi antara Ustadz dengan jamaah. Setelah tausiah Ustadz berakhir, maka sambutan dari pembina YPKKP Bapak Rinalwan Buchari adalah acara selanjutnya. Seperti biasa dengan gaya yang khas dan terkesan santai dalam memberikan sambutannya, Bapak Rinalwan Buchari lebih memberikan motivasi dan semangat, agar seluruh civitas akademika UNAS PASIM jangan terlena dengan apa yang sudah diraih. Yayasan sangat siap membantu untuk membesarkan dan mengembangkan Universitas, maka diminta juga kontribusi civitas akademika terhadap pencapaian Visi dan Misi UNAS PASIM yang sudah dicanangkan.
Ketika adzan berkumandang , Ustadz Rahmat memimpin doa bersama, baik doa untuk lebih suksesnya UNAS PASIM dan seluruh Karyawannya maupun doa berbuka puasa.
Setelah seluruh rangkaian acara selesai, buka bersama dihalaman parkir UNAS PASIM menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh para undangan dan hadirin. Gorengan, Baso Malang, serta nasi dengan lauk pauk yang menggiurkan sudah terhidang siap disantap, tentu saja tidak lupa korma dan minuman manis sebagai makanan pembuka pembatalan puasa.
Bapak Desfitriady yang menjabat sebagai Wakil Rektor 2 mengatakan, Alhamdulillah seluruh acara berjalan dengan lancar dan tertib, terlihat raut gembira dan bahagia di wajah hadirin lanjut beliau, serta banyak doa yang dipanjatkan,semoga dipertemukan lagi pada Ramadhan tahun depan, dan ibadah puasa yang dilaksanakan sekarang menjadi pahala di sisi Allah SWT, Aamin YRA., pungkas Bapak Desfitriady menutup pembicaraan. (Dry 11072017)