Kondisi sekarang ini, tidak bisa Mahasiswa hanya sebagai pribadi yang pasif yang sekedar hanya menerima perkuliahan dari Dosen di dalam ruang kelas. Kalau itu terjadi maka Mahasiswa akan termasuk kaum intelektual yang kurang update (kudet). MAhasiswa sekarang ini harus banyak menimba ilmu dari luar kampus, baik secara on line maupun off line. Kalau secara on line kita tahu bahwa Mahasiswa harus banyak mencari literatur-literatur dari luar selain pelajaran yang diberikan oleh Dosen Mata kuliah, dengan harapan bahwa si Mahasiswa tidak memakai kacamata kuda, dimana dia hanya fokus kepada hal-hal yang di jelaskan oleh Dosennya, tanpa ada sentuhan baru dari luar kampus. Sedangkan secara off line, Mahasiswa harus sering terlibat secara aktif dengan kegiatan-kegiatan akademis, baik yang diselenggarakan oleh kampus sendiri ataupun yang dilaksanakan oleh kampus lain ataupun institusi lain baik pemerintah maupun swasta.

Merujuk hal tersebut diatas maka tidak bisa tidak, Mahasiswa harus bisa memberikan kontribusi lebih kepada dunia keilmuan, baik yang bersifat penelitian, pengabdian masyarakat,maupun pendidikan. salah satu variabel yang termasuk kepada pengabdian masyarakat adalah mengikuti perlombaan atau acara-acara yang sifatnya berbaur dan melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat, dalam hal ini masyarakat akademik. Seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa UNAS PASIM ketika mengikuti lomba debat mahasiswa dengan tema Pemilih Cerdas Untuk Demokrasi Yang Lebih Baik, tema ini berkaitan erat dengan akan diselenggarakannya Pemilihan Umum serentak di Indonesia. Lomba ini diadakan oleh FISPol Universitas Padjadjaran dan mengambil tempat Training Center Unpad jalan Ir.Djuanda Bandung.

Dari 48 Perguruan Tinggi, baik swasta maupun negeri yang mengirimkan proposal mengikuti debat ini, hanya 16 Perguruan Tinggi yang lolos seleksi. Perguruan Tinggi ini akan di adu dalam lomba debat tersebut. Bagi Universitas Nasional Pasim yang masuk ke Babak 8 besar, tidak mempersoalkan apakah nantinya mereka akan bisa meraih juara atau tidak, yang penting adalah mereka sudah mencoba dan berbuat untuk atmosfer akademis yang lebih baik, kalaupun bisa meraih juara itu adalah bonus , sedangkan mendapatkan kesempatan untuk berkiprah di lomba ini adalah kebanggaan tersendiri serta kesempatan emas yang sangat jarang bisa mereka temukan. Dry 31 Mei 2018