Aptisi (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) adalah sebuah lembaga yang menaungi Perguruan-perguruan tinggi swasta di Indonesia. Aptisi ini lebih kepada wadah bagi para Perguruan Tinggi untuk saling bertukar informasi, saling bersilaturahmi, melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta kegiatan lainnya yang berhubungan dengan mimbar Akademik. Aptisi adalah Bapaknya Pergruan Tinggi Swasta (PTS), dimana mereka bisa mencurahkan segala masalah yang ada dalam institusi mereka, baik secara internal maupun eksternal. Aptisi harus siap merangkul PTS dan memberikan solusi terhadap PTS yang bermasalah, sebagai jembatan juga dengan pihak stakeholders yang lain sebagai pembuat regulasi.

UNAS PASIM bersyukur bisa disambangi oleh Ketua Aptisi Pusat Bapak DR.Ir.H.M.Budi Djatmiko.,M.Si.,MEI di awal minggu pertama bulan Juni atau tepatnya 4 Juni 2018 diKampus UNAS PASIM Bandung. Ketua Aptisi dengan tingkat kesibukan yang tinggi serta memegang beberapa yayasan pendidikan dan yayasan Sosial lainnya menyempatkan diri ke Kampus UNAS PASIM. Ketertarikan beliau kepada UNAS PASIM, selain keterikatan emosional yang tinggi dengan sesama PTS adalah adanya program beasiswa penuh dari Program Pemberdayaan Umat Berkelanjutan (PUB). Beliau sangat mengapresiasi program beasiswa ini, bahkan akhirnya bersedia memberikan motivasi kepada Mahasiswa/i Program PUB supaya lebih bersemangat menjalankan pendidikan.

Pemberian motivasi akhirnya lebih mengarah kepada puasa dan hikmahnya, karena kata beliau bertepatan dengan bulan Ramadhan. Mengumpas tuntas semua tentang puasa, beliau melakukan pendekatan antara otak dan hati, dimana nanti pada akhirnya akan muncul dua sisi yang sangat dominan yaitu kepintaran dan kesadaran. Banyak orang yang pintar tapi ternyata tidak sadar, maka bisa memunculkan kesesatan, sedangkan orang yang sadar pastilah pintar. pemberian motivasi ini yang dijadwalkan hanya berjalan 30 Menit tetapi akhirnya disudahi dalam 150 menit atau setara dengan 3 SKS. Hal itu terjadi karena Bapak Ketua Aptisi pusat ini melihat para audience sangat tertarik dan intens dengan materi yang disampaikan oleh beliau, tidak terlihat rasa bosan dan jenuh pada para audience. Sebenarnya slide yang akan disampaikan masih banyak, cuma karena adanya janji beliau dengan PTS lain maka akhirnya presentasi beliau disudahi.

Dengan hadirnya Ketua Aptisi pusat ke UNAS PASIM, ini makin membuktikan bahwa UNAS PASIM merupakan salah satu PTS yang eksis dan memberikan kontribusi yang baik kepada pendidikan tinggi di Indonesia. Hal tersebut harus menjadi penambah semangat kepada penggerak roda UNAS PASIM supaya bisa bekerja dengan baik dan lebih baik lagi kedepannya. Persaingan kedepannya sangat tinggi, jadi semangat dan kinerja harus tetap dirawat dan di asah supaya UNAS PASIM bisa selalu memenangkan persaingan di era digital sekarang ini, hal ini disampaikan oleh Rektor UNAS PASIM ketika acara sudah di tutup dan berbicara secara informal kepada jajarannya. Dry (4 Juni 2018)