Tes Potensi Akademik (TPA) merupakan tes psikologi yang dapat mengungkap apa yang telah dicapai seseorang secara intelektual. Karena mengungkap kualitas intelektual, maka tinggi/rendah-nya nilai TPA sering dihubungkan dengan tinggi/rendah-nya tingkat kecerdasan. TPA sesungguhnya merupakan versi Indonesia dari tes GRE atau Graduate Record Examination. Model, materi, dan bidang yang diuji dalam TPA sebagian besar merujuk kepada GRE. TPA kerap dipergunakan dalam penyeleksian mahasiswa baru dan penyeleksian karyawan atau pegawai baru, bahkan untuk penyeleksian pimpinan suatu institusi negeri/swasta.
Pada hari Kamis, 19 Januari 2017, Tim TPA program beasiswa PUB (Pemberdayaan Umat Berkelanjutan) UNAS PASIM Bandung berangkat menuju Kota Banjar yang dikordinir oleh Resti Siska Devi dan Kabupaten Pangandaran oleh Natia Ayu Utari serta Pembina PUB Bapak Abdul Hafiz Tanjung S.E., M.si., Ak., CA yang juga sebagai interviewer awal program ini.
Berangkat pkl.15.00 WIB dari Kampus UNAS PASIM Bandung menuju ke Kota Banjar. Untuk persiapan TPA di daerah Banjar tepatnya di SMKN 1 Banjar, tim TPA menginap di salah satu rumah mahasiswa program PUB dari daerah Banjar.
Keesokan harinya Tim TPA pun mempersiapkan segala sesuatunya seperti berkas soal, berita acara, daftar hadir,dll. Setelah semuanya siap Tim TPA bergerak menuju SMKN 1 Banjar. Pelaksanaan TPA untuk daerah Banjar dilaksanakan pada 20 Januari 2017, pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai.
    Setelah melaksanakan TPA di daerah Banjar, maka dilanjutkan ke daerah Kabupaten Pangandaran. Tes di daerah Pangandaran dilaksanakan pada Sabtu, 21 Januari 2017 pada pukul 13.00 WIB sampai dengan selesai
Setelah TPA dilaksanakan di dua daerah tersebut, Tim TPA melaksanakan refreshing ke pantai Pangandaran. Disana tim melepaskan lelah setelah melaksanakan TPA. Menikmati sunset serta panorama pantai yang menyejukan mata.
Kedua daerah ini, peserta cukup antusias mengikuti TPA program beasiswa PUB UNAS PASIM dikarenakan TPA ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Dan program beasiswa PUB ini dikhususkan untuk orang-orang yang kurang mampu yang terbentur segi finansial (kaum Duafa) serta mempunyai kemampuan akademik yang cukup baik.
Setelah semuanya selesai, tim TPA pulang ke Kampus UNAS PASIM Bandung, Calon Mahasiswa yang sudah lulus test tahap pertama tadi akan mengikuti test selanjutnya di Bandung, yaitu test Psikotest dan wawancara akhir. Humas PPMB PUB UNAS PASIM saudara Riyan (PUB Angkatan 14) yang sempat dihubungi mengatakan, bahwa test PUB ke daerah-daerah ini adalah agenda rutin dari program beasiswa PUB, biasanya total yang ikut test ini secara keseluruhan ada dikisaran 1500 orang peserta, tapi karena keterbatasan dari pada daya tampung dan anggaran dari yayasan, maka biasanya yang diterima kurang dari 100 orang. Mudah-mudahan yang keterima adalah yang terbaik dan mereka bisa nanti menjadi lokomotif dari keluarganya serta umat lain yang membutuhkan bantuan mereka,sambung Riyan lagi sambil mohon izin pamit karena ada jadwal pekuliahan menutup pembicaraan. (RYT 27022017)