Akreditasi bagi sebuah prodi (Program Studi) adalah merupakan sebuah keharusan. Dengan adanya pemeringkatan akreditasi terhadap sebuah prodi, maka menunjukan sejauh mana prodi yang bersangkutan telah melakukan perbaikan dan perkembangan institusinya. Akreditasi prodi ini biasanya dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT), yaitu suatu Badan independent yang dilembagakan pemerintah untuk memberikan peringkat bagi program studi-program studi yang ada di perguruan tinggi di Indonesia. Adapun assesor atau penilainya diambil dari Dosen-Dosen Perguruan Tinggi se Indonesia dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan oleh BAN-PT. Para Assesor biasanya para pakar dibidang keilmuannya dan terjamin indepedensinya. Para assesor selain memverifikasi data borang yang ada dengan kondisi dilapangan, juga mengadakan tanya jawab dengan para stakeholders,  selain itu mereka juga memberikan masukan dan saran serta sharing bersama pimpinan Fakultas dan Kaprodi tentang tata kelola  Manajemen perguruan tinggi  yang baik , dengan membandingkan dengan perguruan tinggi yang lain , dimana mereka juga pernah melakukan visitasi.
Prodi Akuntansi dengan jenjang Studi S1 di Unas PASIM ini, mendapat kesempatan di visitasi oleh assesor pada hari Senin tanggal 20 Maret 2017. Assesor yang hadir adalah Prof.Made Sudarma dari Universitas Brawijaya Malang dan Dr.Sujoko Efferin dari Universitas Surabaya (UBAYA) Surabaya.
Proses Assesment berjalan cukup lancar serta efektif dan efisien, hal ini bisa berlansung karena antara kedua assesor sudah terjalin komunikasi yang baik serta masing-masing memang pakar dibidangnya.
Untuk visit lapangan dan wawancara dengan stakeholders (Alumni, Users, Mahasiswa,Dosen) dilakukan oleh Dr. Sujoko Efferin, sedangkan untuk verifikasi data , dokumen dan yang bersifat desk maka PIC nya oleh Prof.Made Sudarma.
Pejabat Dekan Bapak Desfitriady , Kaprodi Bapak Fajar Taufiq, Sekpro Ibu Wala dan support data Ibu Erna dkk, adalah PIC untuk verifikasi data dan dokumen Borang, sedangkan untuk visit lapangan serta wawancara dengan stakeholders dikawal oleh Bapak Hafiz tanjung (Wakil Rektor I).
Rektor Unas PASIM Bapak Eko Travada, juga terlihat serius memantau proses Akreditasi, malah beliau sepertinya memang mengkhususkan hari itu untuk terlibat dalam akreditasi, walau hanya bisa sebatas memonitor dan berdoa ujar beliau.
Tepat pada pukul 14.00 WIB, proses Akreditasi  selesai dilaksanakan di Kampus Unas PASIM. Hasilnya akan di rapatkan di Dewan Majelis BAN dalam kata Prof. Made ketika ditanyakan proses selanjutnya, beliau juga berkata bahwa akan selalu memberikan yang terbaik berdasarkan data-data dan fakta yang terjadi dilapangan. (Dry 22032017)