Fakultas Ilmu Komputer (FIK) adalah salah satu fakultas yang ada di Universitas Nasional PASIM  didirikan pada tanggal 2 Agustus 2001 berdasarkan SK Mendiknas RI No. 114/D/O/ 2001, pada tahun 2015 baru mencapai usia 14 tahun, dalam usia yang relatif masih muda terus berusaha untuk menjadi salah satu fakultas yang terbaik di UNAS PASIM dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat). Fakultas Ilmu Komputer terdiri dari tiga Program Studi yaitu: Program Studi S1 Teknik Informatika, D3 Manajemen Informatika dan Program Studi D3 Teknik Informatika.

Fakultas Ilmu Komputer UNAS PASIM berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang teknologi Informasi komunikasi, selain itu juga telah berkontribusi dalam memecahkan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat dan pembangunan bangsa. Berbagai karya alumni dan civitas akademika Fakultas lmu Komputer UNAS PASIM dalam bentuk software aplikasi/program aplikasi telah dihasilkan dan diterapkan untuk mengatasi berbagai persoalan teknologi informasi dan komunikasi baik di masyarakat industri, organisasi pemerintah/non pemerintah.
Fakultas Ilmu Komputer dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat disertai dengan upaya peningkatan relevansinya dalam rangka persaingan global.

          Dimasa yang akan datang, Fakultas Ilmu Komputer UNAS PASIM diharapkan mampu mensejajarkan dirinya dengan fakultas ilmu komputer yang di Indonesia dalam hal mutu proses pembelajaran dan lulusan, penelitian dan pengabdian masyarakat, sehingga dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia.

 

BAGAN STRUKTUR ORGANISASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS NASIONAL PASIM

 

 

 

H. Rakhmat Sudrajat, S.SI., MM.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer

H. Rakhmat Sudrajat, S.SI., MM. Punya moto hidup “Kunci menuju ke semua kebahagiaanAdalah cinta Tuhan”.  Sebelum aktif di dunia kampus adalah seseorang profesional di industri Aerospace yang cukup berpengalaman di bidang CAD-CAM dan Intelegent CAD pada masa Industri pesawat terbang (dulu bernama IPTN sekarang PT. DI)  dipimpin oleh bapak Prof. DR. Ing. BJ Habibie.

Berlatar belakang keilmuan Matematika, Ilmu Management serta pengalaman di dunia  Information of Technology (IT), dengan kesabaran, kebahagiaan serta rasa syukur selalu berupaya keras untuk mengembangkan dan mengamalkan keilmuannya sebagai Pendidik sekaligus Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Nasional PASIM. Sebagai satu kesatuan civitas akademika UNAS PASIM harus selalu meningkatkan kualitas dan kuantitas Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

VISI DAN MISI FAKULTAS ILMU KOMPUTER

Visi

Menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten di bidang pengembangan perangkat lunak dan jaringan komputer baik dari sisi implementasi ataupun dari sisi keilmuan yang dapat menjembatani kebutuhan masyarakat baik nasional maupun internasional di era sistem informasi.

Misi

    1. Mengembangkan Kurikulum  berbasis kompetensi yang terdiri dari kurikulum inti dan kurikulum lokal. Kurikulum inti merupakan kurikulum yang yang disarankan oleh Asosiasi Profesi (APTIKOM), dan kurikulum KKNI yang sesuai dengan standar pendidikan nasional. Serta kurikulum lokal untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam mengimpelementasikan konsep-konsep yang didapat.
    2. Menyediakan tim pengajar dengan latar belakang  pendidikan dari dalam dan luar negeri yang memiliki kualifikasi sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan program studi, dan praktisi dari dunia usaha yang concern terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
    3. Menyediakan sarana  dan prasarana yang sesuai untuk mencapai visi yang telah ditetapkan.
    4. Menjadikan program studi di bawah fakultas ilmu komputer Universitas Nasional PASIM sebagai pilihan utama siswa yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi di indonesia dalam jangka waktu 5 tahun mendatang.