Sigit Kurniawan, S.Pd, M.Pd, ayah dari dua anak yang lahir di Bandung pada tanggal 9 september 1982. Setelah menyelesaikan kuliah di Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni pada Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Pendidikan Bahasa Jepang, memulai karir sebagai staff penerjemah di perusahaan Jepang PT. Nusanicera pada tahun 2007. Pada tahun 2009 melanjutkan karir sebagai penerjemah di PT. Miura Indonesia.

Berlatarbelakang sebagai pengajar, membuatnya untuk kembali menekuni bidang pendidikan. Karir sebagai pengajar dimulainya pada awal tahun 2010 di YKBI (Yayasan Kerjasama Budaya Internasional) sebuah yayasan milik orang Jepang yang tinggal di kota Bandung. Berbekal keinginan mengajar di tingkat yang lebih tinggi, ia melanjutkan pendidikan di pasca sarjana UPI pada tahun 2011.

Selagi menempuh pendidikan pasca sarjana, ia mendapatkan kesempatan untuk memulai karir sebagai dosen magang di UNAS PASIM sejak tahun 2013. Sampai saat ini ia masih aktif sebagai dosen dan menjadi KaProdi di jurusan sastra Jepang UNAS PASIM mulai tahun 2015.

Selain sebagai pengajar, ia aktif di beberapa asosiasi bakejepangan sampai saat ini diantaranya, Gakkai/ ASPBJI, ASJI, dan APSJI.

Ia memiliki motto, “Semangat Mengajar, Semangat Berbagi Inspirasi”.

VISI

Menjadi Program Studi yang berorientasi pada profesionalisme dalam penguasaan bahasa Jepang yang diakui secara lokal, nasional, dan internasional, sehingga menjadi program studi terdepan dalam penguasaan, pengembangan, dan penerapan ilmu pengetahuan pada era globalisasi dengan dukungan sistem informasi pada tahun 2030.


MISI

Dengan mengacu pada visi Fakultas Sastra Universitas Nasional PASIM , maka misi PS S1 Sastra Jepang adalah :

  1. Melaksanakan dan memproses peserta didik dalam memahami Bidang pengambilan keputusan Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumberdaya Manusia dan Sistem Informasi  Manajemen
  2. Mendidik peserta didik untuk menguasai bahasa Jepang sesuai dengan kebutuhan kerja
  3. Meningkatkan daya kompetisi peserta didik dalam menggunakan bahasa Jepang dengan cara mengikutsertakannya dalam berbagai event baik tingkat lokal, nasional maupun internasional.
  4. Melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat untuk memperkaya materi-materi perkuliahan.
  5. Mengikutsertakan dosen dalam berbagai macam seminar dan workshop sesuai dengan bidang kepakarannya.
  6. Melaksanakan kegiatan yang mendukung peningkatan kemampuan pemahaman bahasa dan budaya asing.