Dalam kesempatan yang berharga ini marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya semata, Kita dapat menghadiri upacara Wisuda Tahun Akademik 2013/2014 Universitas Nasional PASIM, dalam keadaan sehat Wal’afiat.

Saya sebagai ketua yayasan mengucapkan selamat kepada para Wisudawan/ti atas Keberhasilan studinya yang juga berarti keberhasilan para orang tua dalam membingbing dan mendorong putra-putrinya sehingga dapat berhasil mengembangkan karirnya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. selanjutnya kepada pimpinan Universitas Nasional PASIM, kami ucapkan selamat disertai penghargaan dan terimakasih atas segala upaya untuk melahirkan tenaga-tenaga yang berkemampuan akademis, semoga mereka benar-benar menjadi kader bangsa/masyarakat yang beriman, berbudi luhur dalam mengamalkan iptek sehingga pada akhirnya berguna bagi nusa, bangsa dan agama.

Upacara wisuda sudah merupakan tradisi bagi setiap perguruan tinggi dan mengandung arti yaitu pengukuran dan pengakuan bahwa para wisudawan/ti telah masuk kedalam suatu fase kehidupan yang lebih berwawasan akademik, yang harus ditunjukkan dalam pemikiran dan tindakan yang profesional, Konsepsional dan lebih maju. Oleh karena itu upacara wisuda jangan dilihat sebagai kegiatan seremonial semata, melainkan sebenarnya bermakna sebagai upacara pengukuhan dan tanggung jawab yang ditandai dengan mengucapkan janji wisudawan. Tanggung jawab ini pada dasarnya meliputi tanggungjawab akademik dan tanggung jawab memelihara nama baik dan citra almamater. Hal ini merupakan Konsekuensi dari disiplin ilmu serta kesarjanaan yang di dapatkan di dalam kampus dan disandang di tengah- tengah masyarakat Luas.

Peran serta para wisudawan/wisudawati dalam mengembangkan sikap kemandirian menghadapi berbagai tantangan kehidupan menjadi hal yang mutlak dan penting terutama menghadapi situasi Krisis multidimensi yang saat ini merupakan masalah bersama bangsa indonesia.

Keberhasilan suatu lembaga pendidikan tinggi bukan hanya di ukur oleh banyaknya lulusan yang di wisuda, akan tetapi lebih ditentukan oleh kemampuan dan daya saing alumni di pasar tenaga kerja baik itu lokal maupun global. Kemampuan untuk bersaing atau kualitas lulusan merupakan tanggung jawab bersama antara yayasan sebagai penanggung jawab fasilitas dan sarana belajar mengajar , serta Universitas sebagai pelaksana di dalam proses belajar mengajar dan penanggung jawab mahasiswa. Proses belajar mengajar yang baik merupakan hasil interaksi antara semua komponen dalam membangun suatu sinergi untuk dapt memberikan output yang berkualitas.

Sebagai Badan penyelenggara Pendidikan Tinggi, kami telah berupaya keras untuk menyediakan semua fasilitas yang di perlukan dalam proses belajar mengajar di perguruan tinggi Namun demikian, masih perlu penyempurnaan dalam berbagai hal, dan kami akan terus berupaya untuk perbaikan ke arah yang lebih baik.

Demikian hal-hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga kita senantiasa berada dalam bimbingan dan Lindungan Tuhan yang Maha Esa, serta kepada para wisudawan/ti Saya ucapkan selamat atas diraihnya gelar sarjana dan diploma, semoga kelak akan menjadi manusia yang berhasil dan berguna bagi nusa dan bangsa serta sesuai dengan harapan dan cita-cita.

Sekian dan Terima kasih.

Wassalaamu`alaikum wr.wb.