PROFILE PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

Program Studi Psikologi  berdiri pada tanggal 2 Agustus 2001, Sampai saat ini fakultas psikologi unas Pasim sudah mengalami dua kepemimpinan, yaitu periode pertama  dipimpin oleh Drs. Sudarsono, M.Si  dan periode kedua  dipimpin oleh Drs. Doddy Sholahuddin. M.Pd., Psi
Program Studi Sarjana Psikologi Unas Pasim  diarahkan lulusannya agar dapat :

  1. Melakukan administrasi pemeriksaan psikologi, dalam ini kompetensi yang diharapkan yaitu memiliki pemahaman tentang Asessment psikologis, yang meliputi pemahaman terhadap penggunaan alat test,   mengorganisasikan penyelenggaraan pemeriksaan psikologi, mampu memberikan intruksi dan skoring berkaitan dengan alat tes psikologi.
  2. Melakukan berbagai penelitian ilmiah dalam bidang ilmu psikologi, : Memiliki kompetensi ilmiah yang berkaitan dengan penguasaan teori-teori psikologi dari berbagai pendekatan Memiliki kemampuan melakukan penelitian dengan menerapkan metode penelitian yang tepat.
  3. Memahami masalah psikologi dalam berbagai bidang terapan psikologi, maka berdasarkan hal ini lulusan psikologi unas pasim diharapkan mampu menganalisa permasalahan di lapangan berdasarkan tinjauan atau sudut pandang psikologi.
  4. Membuat rancangan program pemecahan masalah psikologi terapan. Melakukan Intervensi: Memiliki keterampilan mendisain pelatihan, fasilitator diskusi, dan training; serta melakukan bimbingan dan konseling.

Untuk mencapai kompetensi lulusan tersebut, desain kurikulum Program Pendidikan Sarjana Psikologi  unas pasim mengintegrasikan kurikulum nasional dengan kurikulum lokal. Kurikulum Nasional, yaitu bagian dari kurikulum pendidikan tinggi yang dikeluarkan oleh Depdiknas dan berlaku secara nasional untuk setiap program studi, yang memuat tujuan pendidikan, isi pengetahuan dan kemampuan minimal yang harus dicapai peserta didik dalam penyelesaian suatu program studi. Kurikulum lokal, yaitu bagian dari kurikulum pendidikan tinggi yang berkenaan dengan keadaan dan kebutuhan lingkungan serta ciri khas Program Studi Psikologi pada khususnya dan Universitas Nasional Pasim pada umumnya.
Kurikulum yang diselenggarakan meliputi kelompok-kelompok mata kuliah sebagai berikut:
1)         Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
2)         Mata Kuliah Keahlian dan Keterampilan (MKK)
3)         Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)
4)         Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB )
5)         Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Fasilitas

Memiliki gedung milimsendiri. Ruang kuliah nyaman, perpustakaan , fasilitas internet/hot spot di area kampus. Fakultas psikologi juga dilengkapi dengan labotarium praktikum psikologi, laboratorium komputer,  ruang akademik, ruang pertemuan, ruang kegiatan mahasiswa, .