Perguruan tinggi memiliki peran yang sangat besar dalam pembangunan bangsa. Melalui fungsi transformasi sumberdaya manusia, Iptek dan sosial perguruan tinggi menempati posisi yang strategis dalam perubahan masyarakat. Perkembangan masyarakat yang begitu pesat dalam berbagai aspek kehidupan sebagai dampak dari kebutuhan hidup, pembangunan dan globalisasi menuntut penyelesaian yang sistematik dan terus menerus dalam menjawab tantangan kebutuhan jenis dan kualitas sumberdaya manusia. Dalam era globalisasi, pendidikan tinggi akan mengalami kecenderungan perkembangan yang amat cepat dan dinamis sebagai konsekuensi dinamika peluang dan tantangan yang harus dihadapi baik dalam skala lokal, nasional, maupun internasional. Oleh karena itu perguruan tinggi, termasuk Fakultas Psikologi Universitas Nasional PASIM harus mampu menjawab tantangan masa depan tersebut dengan melaksanakan tugas, fungsi dan peran sebaik-baiknya.


Dengan memperhatikan pentingnya peran psikologi dalam tata kehidupan masyarakat, maka pada tahun 2001 Universitas Nasional “YPKKP” Bandung Jalan Buah Batu No. 99 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Kader Keuangan dan Perbangkan (YPKKP) di Bandung mendapat izin untuk menyelenggaraan Program Studi Psikologi untuk jenjang program Sarjana ( S1 ), dengan demikian Fakultas Psikologi menyelenggarakan pendidikan Program Studi Psikologi dengan Strata Satu (S-1) berdiri pada tahun 2001 dengan ijin operasional dari Kopertis Wilayah IV Jawa Barat Nomor 114/D/O/2001 pada tanggal 2 Agustus 2001. Sebagai perintis dan pendiri maka pejabat Dekan Fakultas Psikologi yang pertama adalah Bapak Drs. Soedarsono, M.Si.
Profil Kompetensi lulusan Program studi psikologi Universitas Nasional Pasim yaitu:

  1. Menguasai konsep dasar teori-teori psikologi. Kompetensi yang diharapkan mahasiswa dapat memahami pengertian, ruang lingkup, sejarah dan aliran-aliran psikologi, menguasai teori-teori dan dinamika kepribadian, konsep perkembangan manusia, aspek-aspek dalam pekembangan serta tahapannya, konsep dasar teori psikologi sosial dan topik bahasan yang berkembang dalam kajian psikologi sosial, kaidah-kaidah dan proses psikologi yang melandasi perilaku manusia dalam konteks industri & organisasi, teori psikologi pendidikan, proses belajar, serta metode evaluasi, konsep teoritis tentang kesehatan mental dan penyebab perilaku abnormal, diagnosis, dan klasifikasinya.
  2. Melakukan administrasi pemeriksaan psikologi. Kompetensi yang diharapkan yaitu mahasiswa dapat memiliki pemahaman tentang asessmen psikologis, yang meliputi Wawancara dan observasi, pemahaman terhadap penggunaan alat test, mengorganisasikan penyelenggaraan pemeriksaan psikologi, mampu memberikan instruksi dan skoring berkaitan dengan alat tes psikologi.
  3. Melakukan berbagai penelitian ilmiah dalam bidang ilmu psikologi: Kompentensi yang diharapkan adalah mahasiswa mampu Memiliki kompetensi ilmiah yang berkaitan dengan penguasaan teori-teori psikologi dari berbagai pendekatan. Memiliki kemampuan melakukan penelitian dengan menerapkan metode penelitian yang tepat.
  4. Memahami dasar-dasar pengukuran dalam bidang psikologi, memahami fungsi pengukuran psikologi, dan mampu menyusun skala psikologi. Kompetesi yang diharapkan adalah mahasiswa dapat merancang konstruksi alat ukur dan penyusunan skala psikologi.
  5. Memahami masalah psikologi dalam berbagai bidang terapan psikologi. Kompetensi yang diharapkan yaitu mahasiswa lulusan Psikologi Unas Pasim mampu menganalisa permasalahan di lapangan berdasarkan tinjauan atau sudut pandang psikologi.
  6. Membuat rancangan program Psikologi. Kompetensi yang diharapkan yaitu Mahasiswa lulusan Psikologi Unas Pasim diharapkan dapat Melakukan program intervensi berkaitan dengan permasalahan psikologis sesuai dengan kewenangan dan kode etik yang berlaku diantaranya yaitu memiliki keterampilan mendisain pelatihan, fasilitator diskusi, dan training, serta melakukan konseling.
  7. Untuk mencapai kompetensi lulusan tersebut, disain kurikulum Program Pendidikan Sarjana Psikologi unas pasim mengintegrasikan kurikulum nasional dengan kurikulum lokal. Kurikulum Nasional, yaitu bagian dari kurikulum pendidikan tinggi yang berlaku secara nasional untuk setiap program studi, yang memuat tujuan pendidikan, isi pengetahuan dan kemampuan minimal yang harus dicapai peserta didik dalam penyelesaian suatu program studi. Kurikulum lokal, yaitu bagian dari kurikulum pendidikan tinggi yang berkenaan dengan keadaan dan kebutuhan lingkungan serta ciri khas Program Studi Psikologi pada khususnya dan Universitas Nasional Pasim pada umumnya. Kurikulum yang diselenggarakan meliputi kelompok-kelompok mata kuliah sebagai berikut:

    1. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
    2. Mata Kuliah Keahlian dan Keterampilan (MKK)
    3. Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)
    4. Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB )
    5. Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)