Dra. Dewi Saparina Halibanon M.Hum., ibu dari dua anak yang lahir di Bandung pada tanggal 27 Mei 1966 ini setelah menyelesaikan kuliah di Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni pada Jurusan Bahasa Asing yaitu Program Pendidikan Bahasa Jepang IKIP Bandung. Kemudian, melanjutkan studi S2 di UNPAD Bandung di Jurusan Linguistik.

Tahun 1990 mengajar di SMA LEPNI Bandung selama satu tahun. Ia kemudian melanjutkan studi ke Jepang pada tahun 1991 s.d 1992. Sekembalinya ke Indonesia, kegiatannya adalah selain mengajar di SMA mengajar pula di STBA Puragabaya Bandung sampai dengan tahun 1998, IKIP Bandung (1998-2001) dan di STBA Nasional Bandung yang kemudian berubah menjadi Universitas Nasional Bandung sampai dengan 2006. Pernah mengikuti training jangka pendek di The Japan Foundation Kita Urawa, Jepang pada bulan Juli - Setember 2004.

Sampai saat ini ia mengajar di Universitas Nasional PASIM danmenjabat sebagai Dekan Fakultas Sastra. Aktif menulis beberapa modul mata kuliah tentang Bahasa Indonesia dan linguistik, selain itu menulis buku berjudul Bahasa Jepang untuk Hotel dan Pariwisata pada tahun 2006.

Sejak 1992 s.d. sekarang ia aktif sebagai anggota dan pengurus dalam beberapa organisasi di antaranya pengurus Persada Jabar (1992 - sekarang), anggota Asosiasi Studi Pendidikan Bahasa Jepang (ASPBJI/Gakkai) Korwil Jabar (1998 - sekarang),anggota ASJI. Pernah menjabat sebagai bendahara MGMP Bahasa Jepang Jawa Barat (2006 - 2012), anggota Badan Musyawarah Pendidikan Swasta (BMPS) Jawa Barat (2006 - 2009), dan pengurus bidang hubungan luar negeri pada Persatuan Tarbiyah Islamiyah (2007 - 2011).

VISI DAN MISI FAKULTAS SASTRA

Visi

Menjadi fakultas yang berorientasi pada profesionalisme dalam penguasaan bahasa asing yang diakui secara lokal, nasional, dan internasional, sehingga menjadi fakultas terdepan dalam penguasaan, pengembangan, dan penerapan ilmu pengetahuan pada era globalisasi dengan dukungan sistem informasi pada tahun 2030.

Misi

  1. Membina prodi-prodi untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing peserta didik sesuai dengan kebutuhan dunia kerja
  2. Meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia melalui berbagai kegiatan seperti seminar, workshop, pelatihan, berbagai lomba, baik tingkat lokal, nasional maupun internasional.
  3. Melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam memperkaya materi-materi perkuliahan.

 

Struktur Organisasi